kesehatan reproduksi

Pusat Kajian Kesehatan Reproduksi

Kesehatan reproduksi adalah bidang multi disiplin mengenai praktek dan penyelidikan yang berkaitan dengan keadaan fisik, mental dan kesejahteraan social dan bukan hanya ketidaktiadaan penyakit atau kelemahan semata, dalam semua hal yang berkaitan dengan sistem kesehatan reproduksi dan fungsi serta prosesnya.PusatKesehatan Reproduksi berusaha untuk meningkatkan status kesehatan reproduksi nasional dan global melalui penelitian, pendidikan, dan layanan dari perspektif kesehatan masyarakat.
Abad kedua puluh satu telah tiba dengan perubahan yang kompleks dalam pola demografi, beban penyakit, masalah kesehatan dan kebijakan pembangunan di tingkat nasional dan internasional. Perubahan ini mempengaruhi semua kalangan masyarakat, kaya dan miskin, negara maju dan berkembang yang perlu direspon oleh masyarakat akademik.
Tujuan Pembangunan Milenium (MDGs) membahas tentang isu-isu kesehatan reproduksi, terutama pada morbiditas kesehatan ibu dan anak dan kematian dan HIV/ AIDS dan pengobatan. Pendekatan Pusat Kespro untuk masalah ini berfokus pada analisis kesehatan reproduksi dan masalah kependudukan dan keluarga berencana menggunakan : a) metode epidemiologi dan biostatistik, b) metode kualitatif, c) penyelidikan kebijakan yang mempengaruhi kesehatan reproduksi, dan d) memperhatikan politiksosial, ekonomi, dan etika kesehatan masyarakat dan pembangunan.
Pusat Kesehatan Reproduksi terdiri dari sebuah interdisipliner fakultas yang penelitian dan pengajarannya ditujukan untuk kesehatan seksual dan reproduksi, kesehatan ibu dan anak, dan perubahan populasi. Fokusnya adalah untuk meningkatkan kesehatan, pertumbuhan, dan perkembangan di sepanjang hidup dari populasi di Indonesia dan seluruh dunia, termasuk ibu dan bayi, keluarga, remaja, perempuan, orang tua, dan populasi dengan kebutuhan perawatan kesehatan khusus.
Kepentingan penelitian dari Pusat ini mencakup spektrum yang luas dari beberapa topik, termasuk: a) peningkatan kesehatan ibu dan anak (yaitu: safe-motherhood dan child survival interventions, b) program dan kebijakan kependudukan dan keluarga perencanaan ;  c) pencegahan dan penanggulangan PMS dan infeksi HIV / AIDS ; d) pembangunan sosial dan ekonomi di kaitkan dengan status kesehatan reproduksi; e) kebijakan kesehatan dan perencanaan program dan evaluasi; f) demografi, dan g) rancangan dan pembiayaan dari sistem pelayanan kesehatan dalam masalah kesehatan reproduksi terkait. Pusat Kesehatan Reproduksi telah membangun komunitas dan penelitian kesehatan dan gizi laboratorium (Central Health and Nutrition-Research Laboratory/CHN-RL) sejak akhir1994.CHN-RL telah digunakan untuk memfasilitasi penelitian dosen dan mahasiswa, serta upaya untuk menguji intervensi baru dan area pelatihan untuk pegawai pemerintah.
CHN-RL berbasis di Distrik Purworejo, menawarkan kesempatan untuk mendapatkan pengalaman dalam pengumpulan data dan analisis skala besar populasi dan klinis berbasis studi epidemiologi. CHN-RL adalah anggota jaringan INDEPTH, yang menghubungkan ilmuwan yang bekerja dalam populasi dan demografi di seluruh dunia. Mahasiswa pasca sarjana di departemen yang berafiliasi dengan Pusat ini datang dengan berbagai latar belakang. Banyak mahasiswa yang berasal dari pusat-pusat kesehatan, BKKBN, Departemen Kesehatan dan institusi pendidikan lainnya.
Anggota tim Pusat Kespro menghasilkan pengetahuan ilmiah dan ide-ide kesehatan masyarakat melalui penelitian mereka, memperkuat keterampilan teknis dan kepemimpinan melalui program pendidikan, dan meningkatkan kapasitas nasional melalui proyek-proyek kolaboratif, termasuk kolaborasi dengan negara berkembang lainnya (misalnya: dengan jaringan INDEPTH dan INCLEN) dan negara maju (misalnya: Universitas Johns Hopkins, Universitas Umea Swedia, dan UCLA). Pusat Kespro menerapkan dan mengembangkan berbagai metode yang diambil dari demografi, biostatistik, epidemiologi, gizi, psikologi perkembangan, sosiologi, penelitian pelayanan kesehatan, gizi, ekonomi, ilmu komunikasi, analisis kebijakan, ilmu perilaku dan disiplin terkait dalam penelitian dan praktek profesional. Para anggota tim Pusat Kespro diambil dari keahlian dalam banyak bidang, yaitu: kebidanan & ginekologi, pediatri, biologi reproduksi, epidemiologi, biostatistik, demografi, ekonomi, etika, antropologi, ilmu politik, dan sosiologi.

0 komentar:

Posting Komentar